MTs YPPA Jurnalistik





PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK
ANGKATAN I








Di Susun Oleh : Iman Burhanudin








MTs YPPA CIPULUS
KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017




PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK
ANGKATAN I

MTs YPPA CIPULUS
KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017


PENDAHULUAN


A.       LATAR BELAKANG
Jurnalistik merupakan ilmu yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi, majalah, koran, radio dan internet.  Jurnalistik dengan kelenturannya juga bisa masuk di berbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah keterampilan menulis bagi orang yang mempelajari jurnalistik  namun lebih jauh mengajak orang untuk berfikir lebih dalam, bagi orang yang mempelajarinya.

Mengapa Ekstrakurikuler Jurnalistik?
Ekstrakulikuler Jurnalistik, dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di tingkat siswa. Hal ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan siswa mengisi waktu senggangnya selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Ragam penulisan yang sedemikian banyak bisa menjadi pilihan para siswa untuk meng-ekspresikan dirinya. Membuat cerita pendek, puisi, tulisan berita dan novel. Di luar ekspresi-ekspresi yang telah menjadi paradigma para siswa “nongkrong di mall, nonton di bioskop, main playstation, bahkan tawuran”.

Biasanya, sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah. Yang dikelola bersama guru dan siswa. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Namun, kegiatan jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah dinding dikreasi atau majalah/tabloid sekolah diterbitkan. Ada banyak pendalaman yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan jurnalistik/menulis seseorang.

Disini kami hadir untuk menjadi solusi bagi sekolah yang ingin membuat media cetak sebagai alat publikasi jurnalistik. Kami akan hadirkan sesuatu yang inovatif dan kreatif sehingga majalah/tabloid sekolah yang dihasilkan dapat menjadi sebuah majalah yang menarik hati dan membuat orang nyaman ketika membacanya.

Dasar-dasar Jurnalistik
Pesatnya kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal bila si pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif dalam setiap pemberitaannya.

Apa Itu Jurnalistik?
Menurut Kris Budiman, jurnalistik (journalistiek, Belanda) bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio atau televisi. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak (printjournalism), elektronik (electronicjournalism). Akhir-akhir ini juga telah berkembang jurnalistik secara tersambung (onlinejournalism).

Atas dasar tersebut, sudah selayaknya sebuah sekolah dalam hal ini MTs YPPA Cipulus mempunyai suatu kegiatan yang mendidik siswa-siswinya untuk bisa menulis khusunya menulis jurnalistik. Oleh karena itu kami mengusulkan eksrakulikuler jurnalistik sebagai ekstrakulikuler baru di MTs YPPA Cipulus.

B.       LANDASAN HUKUM
Adapun landasan hukum diselenggarakannya ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut.
1.    Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1982, tentang system pendidikan nasional,
2.    Keputusan Direktur Pembinaan kesiswaan No.251/C8/U.91, tentang revisi buku Petunjuk pelaksanaan/materi pembinaan kesiswaan.
  
C.       MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya ekstrakurikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut:
1.        Mempererat hubungan antara siswa-siswi MTs YPPA Cipulus.
2.        Memberi kesempatan untuk saling mengenal serta menumbuhkan jiwa kompetitif secara intelektual di kalangan siswa.
3.        Mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat siswa.
4.        Membekali siswa dengan kemampuan life skill (kecakapan hidup).
5.        Menyiapkan siswa untuk mengikuti berbagai lomba atau event yang bertujuan meningkatkan prestasi non akademik.
6.        Sebagai media informasi dan promosi profil dan prestasi sekolah.
7.        Menampung kreatifitas masing-masing kelas yang ditampung dalam sebuah media cetak yaitu majalah/tabloid sekolah.
8.        Menjadi wadah bagi siswa-siswi MTs YPPA Cipulus untuk menyalurkan bakat dan kemampuan maupun kreatifitasnya di bidang seni menulis ataupun fotografi.
9.        Menciptakan budaya kreatif, kritis dan inovatif di tingkat siswa.
10.     Menjadi sarana bagi para siswa MTs YPPA Cipulus untuk berlatih berorganisasi, bekerja sama dan bertanggung jawab.
11.     Mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang meliputi wirausaha media maupun profesi jurnalis/pers.
12.     Memberikan informasi pada orangtua siswa mengenai kondisi terkini tentang sekolah.
D.       NAMA KEGIATAN
Ekstrakulikuler Jurnalistik “Vipo Young Journalistic”

E.       VISI DAM MISI EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK
Visi : 
a.      Meningkatkan pengetahuan jurnalistik yang berdasarkan iman dan takwa
b.      Membentuk karakter seorang jurnalis professional
c.      Mewujudkan ekstrakurikuler yang dapat menambah wawasan baru di bidang   jurnalistik yang meliputi kegiatan liputan, reportase, fotografi, desain layout dan lainnya.

Misi:
a.      Mencetak jurnalis sekolah yang kompeten dan berprestasi di bidang khusus
b.      Menjadikan ekskul jurnalistik sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan sekaligus jalan dakwah kebenaran sesuai dengan kode etik jurnalistik
c.      Menyiapkan kemampuan jurnalistik siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

F.       MOTTO
“Reach the world with the words” (raih kesuksesan di dunia melalui kata-kata)

G.       DESKRIPSI LAMBANG EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK

Lambang merupakan simbol utama bagi setiap organisasi maupun lembaga untuk mewakili inspirasi jenis kegiatan maupun tujuan yang ingin di capai, lambang ekskul jurnalistik meliputi beberapa simbol berikut ini:
1)        Gambar garis merah membentuk huru v memiliki arti, bahwa jurnalistik memiliki kepedulian terhadap lingkungan (v = vertical) serta memiliki keberanian membuat dan memper-tanggungjawabkan apa yang dibuat dan dinyatakannya.
2)        Lingkaran kuning, dengan pola yang tidak beraturan dari besar sampai mengecil ini mengisyaratkan bahwa keberadaannya akan mampu menaungi dan memperbaiki system informasi serta netral terhadap suku, ras, agama, budaya dan lain sebagainya. Netral dalam arti toleran.
3)        Huruf yang tertulis dalam logo adalah vipo merupakan singkatan dari video dan potografi.
H.       ALAT YANG DIBUTUHKAN
Adapun alat yang dibutuhkan dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut:
No
Nama Barang
Vol
Satuan
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Papan Majalah Dinding
1
Unit
250.000,-
250.000,-
2
Laptop/Komputer Core I3
1
Unit
3.000.000,-
3.000.000,-
3
Printer Epson
1
Unit
1.200.000,-
1.200.000,-
4
Modem
1
Unit
300.000,-
300.000,-
5
Flashdisk 16 gb
1
Unit
150.000,-
150.000,-
6
Camera Digital Nikon D3200
1
Unit
4.500.000,-
4.500.000,-
7
Connector Cable
1
Roll
250.000,-
250.000,-
8
Mic Shotgun
1
Unit
450.000,-
450.000,-
9
Control Switch/Avetor
1
Unit
250.000,-
250.000,-
10
Slider Glidecam
1
Unit
1.750.000,-
1.750.000,-
11
Lighting + stand lamp
1
Paket
1.500.000,-
1.500.000,-
12
Reflector
1
Paket
750.000,-
750.000,-
13
LCD Monitor TFT 7 inc
1
Unit
600.000,-
600.000,-
14
Steady Ex Vid stabilizer
1
Unit
500.000,-
450.000,-
15
Proyektor
1
Unit
2.500.000,-
2.500.000,-
Jumlah Total
17.950.000,-

I.         SASARAN KEGIATAN
Adapun sasaran yang akan di capai dari kegiatan ini adalah civitas akademika sekolah, terutama siswa dapat menciptakan budaya kreatif, kritis dan inovatif dan pada akhirnya siswa dapat mengaplikasikan ilmunya ketika sudah terjun ke lapangan yang akan mengurangi angka pengangguran membuka lapangan kerja khususnya bagi lulusan muda. Selain itu  dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi angka tawuran, nongkrong, dan terjerembab di dunia narkoba. Ini juga membantu memecahkan permasalahan sekolah dalam mempromosikan sekolah kepada pihak luar.

J.        ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang dibutuhkan dalam ekstrakurikuler jurnalistik ini berasal dari :
ü   Anggaran kegiatan kesiswaan.
ü   Iuran wajib anggota (@ Rp. 2,000/Minggu)
ü   Donatur/Sponsor

K.       JADWAL & TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan dimulai pada semester 1 bulan Juli. Setiap hari Jum’at pada pukul 07.30 WIB untuk kelas VII., dan pukul 13.30 WIB untuk kelas VIII yang berlokasi di ruang kelas MTs YPPA Cipulus.


L.        MATERI DAN PEMATERI
a)        Materi
Adapun materi yang dikaji/ diperdalam dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut.
ü   Pengertian dan sejarah singkat jurnalistik.
ü   Kode etik jurnalistik, kode etik AJI, majelis kode etik.
ü   Kilas balik wartawan Indonesia, profesi wartawan, kode etik wartawan Indonesia.
ü   Dewan pers, tugas dewan pers.
ü   Jurnalistik dan sastra.
ü   Peliputan bermetode ilmiah.
ü   Peliputan selidik beretika.
ü   Peliputan selidik bersastra.
ü   Cara menulis berita, teknik menulis artikel, teknik pengumpulan berita.
ü   Cara penggunaan perangkat elektronik pendukung tugas jurnalistik (kamera digital,  alat  perekam suara, laptop/komputer).
ü   Cara penggunaan software pendukung tugas jurnalistik (Ms. Word, Adobe InDesign CS5 Portable, Adobe Photoshop CS5 Extended, CorelDraw X4, RonyaSoft Poster Designer (Poster Forge) V2.01, Scribus 1.4.0rc5, dll).

b)       Pembimbing & Pemateri
Adapun pembimbing dan pemateri dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut.
1)        Iman Burhanudin (Guru)
2)        ………………………………………… (Guru)
3)        Wartawan Profesional/Nara Sumber (Pemateri Tamu)

M.       TARGET KINERJA
Dengan terwujudnya kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik maka sekolah mempunyai suatu media penyampaian informasi berupa product majalah/ tabloid sekolah. Selain itu siswa-siswi mempunyai wadah tempat berekspresi, dan menuangkan inspirasi. Insya Allah ini menjadi titik awal kemajuan MTs YPPA Cipulus di bidang jurnalistik.

N.       PROGRAM KERJA
Program Umum
Secara umum, ekskul Jurnalis memiliki 4 program, yaitu Program Unggulan, Program jangka pendek, Program jangka menengah dan Program jangka panjang.
a.        Program Unggulan
Program kerja yang menjadi unggulan ekskul Jurnalis, diantaranya :
a)        Penerbitan Majalah atau bulletin sekolah
b)        Meng-upgrade mading sekolah dan blog resmi ekskul jurnalistik
c)        Terlibat secara langsung dalam men-dokumentasikan kegiatan sekolah maupun masyarakat
d)        Mengadakan kerja sama yang intens dengan seluruh organisasi dan ekskul di MTs YPPA Cipulus
e)        Mengadakan lomba antar kelas ( The Best Writer of the Month/ Year)
f)         Mengadakan diskusi pelatihan, kepemimpinan dan public speaking
g)        Mengunjungi kantor berita, telivisi maupun radio


b.       Program Jangka Pendek
Program jangka pendek merupakan program organisasi yang hanya berfokus dalam kehidupan organisasi sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut program-program jangka pendek organisasi ekskul Jurnalis :
a)        Mengadakan Kajian Materi satu kali setiap minggu
b)        Mengadakan latihan rutin satu kali dalam satu minggu
c)        Membuat artikel-artikel berita untuk ditempel di Majalah Dinding
d)        Mengadakan Momen Jurnalis minimal satu kali dalam satu bulan
e)        Mengadakan bedah buku/diskusi mengenai isu-isu terbaru yang ada minimal satu kali dalam satu bulan
f)         Selalu meng-update berita-berita terbaru dalam website/blog organisasi
g)        Membantu seluruh pihak di MTs YPPA Cipulus dalam mengabadikan setiap momen atau kegiatan sekolah
h)        Menjalin kerja sama antar organisasi, baik di MTs YPPA Cipulus maupun di luar sekolah

c.        Program Jangka Menegah
Program jangka menengah adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun kepengurusan. Berikut program jangka menengah ekskul Jurnalis :
a)        Mengadakan pelatihan liputan, broadcast maupun reportase di beberapa kantor media cetak, stasiun radio dan TV di tingkat kabupaten maupun kota.
b)        Mengadakan pelatihan kepemimpinan
c)        Mengadakan pelantikan Dewan Pengurus baru
d)        Mengadakan pembelajaran komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing foto maupun desain grafis
e)        Mengadakan Journalist Award
f)         Mengadakan angket organisasi mengenai segala permasalahan siswa dan sekolah
g)        Peluncuran INSPIRASIKU (Majalah Sekolah) setiap 3 bulan sekali
h)        Study Banding
i)         Study Tour


d.       Program Jangka Panjang
Program jangka panjang adalah program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan dimasa depan atau memiliki efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka panjang ekskul Jurnalis adalah :
a)        Mentargetkan pembelajaran online di MTs YPPA Cipulus untuk setiap ekstrakurikuler dapat membuat  website resmi atau blog
b)        Membuat website organisasi sebagai bahan dokumen masa mendatang
c)        Mengupayakan kepemilikan komputer organisasi untuk keperluan dokumen dan karya tulis siswa
d)        Mengupayakan kepemilikan Majalah Dinding untuk di-update setiap minggunya
e)        Mengupayakan kepemilikan Sekretariat Organisasi serta fasilitas ekskul jurnalistik
f)         Mentargetkan INSPIRASIKU (Majalah Sekolah) lebih baik dan lebih profesional di masa mendatang serta bisa bersaing dengan majalah-majalah umum yang lain


O.       PERATURAN ORGANISASI
Seluruh anggota jurnalistik diwajibkan mengikuti seluruh peraturan berikut ini
1)          Aktif mengikuti seluruh kegiatan yang ada didalam program kerja ekskul jurnalistik
2)          Menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan jabatan masing-masing
3)          Mencerminkan citra diri/sikap yang positif baik dilingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah
4)          Tahu dan paham kode etik jurnalistik/pers


P.       STRUKTUR ORGANISASI
Berikut susunan pengurus ekstrakulikuler jurnalistik MTs YPPA Cipulus.

Pelindung                  : Kepala MTs YPPA Cipulus
Penanggung Jawab      : Wakil Kepala Bidang Kesiswaan
Penasihat                  : Wakil Kepala Bidang Kurikulum
Pembina                    : Iman Burhanudin
                                 ……………………………………………….

Ketua Umum              : ……………………………………………….
Wakil Ketua Umum     : ……………………………………………….
Sekretaris I                : ……………………………………………….
Sekretaris II               : ……………………………………………….
Bendahara I               : ……………………………………………….
Bendahara II              : ……………………………………………….


Divisi-Divisi
a.    Kesekretariatan    
Koordinator         : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
b.    Fasilitator           
Koordinator         : ……………………………………………….                       
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
c.    Publikasi             : ……………………………………………….
Koordinator         : ……………………………………………….                       
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
d.    Redaksi               
Koordinator         : ……………………………………………….                       
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….
                          : ……………………………………………….

(Keterangan : untuk kepengurusan ini akan diambil dari siswa kelas VIII)

      
Q.       DESKRIPSI TUGAS/JABATAN
1.       Pimpinan Redaksi
ü  Bertanggungjawab terhadap isi redaksi penerbitan
ü  Bertanggungjawab terhadap kualitas produk penerbitan
ü  Memimpin rapat redaksi 
ü  Memberikan arahan kepada semua tim redaksi tentang berita yang akan dimuat pada setiap edisi.


2.   Redaktur Pelaksana
ü  Bertanggung jawab terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari
ü  Memimpin rapat perencanaan, rapat cecking, rapat terakhir sidang redaksi dan rapat evlauasi kinerja.
ü  Membuat perencanaan isi untuk setiap penerbitan
ü  Bertanggung jawab terhadap isi redaksi penerbitan dan foto
ü  Mengkoordinasi kerja para redaktur atau penanggungjawab rubrik/desk
ü  Mengkoordinasikan alur perjalanan naskah dari para redaktur ke bagian setting atau layout.
ü  Mengkoordinator alur perjalanan naskah dari bagian setting atau lay out ke bagian percetakan


3.   Koordinator Liputan
ü  Memeriksa, mengedit, dan menyempurnakan naskah sesuai dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar
ü  Menyesuaikan naskah yang sudah diedit dalam bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jurnalistik
ü  Mengubah pengulangan kata-kata yang sama dalam satu tulisan, sehingga kalimat dalam naskah menjadi bervariasi. 
ü  Mengedit penggunaan logika bahasa, alur naskah
ü  Menyeragamkan style penulisan masing-masing redaktur, sehingga gaya penulisan seluruh naskah menjadi sama
ü  Memeriksa naskah kata per kata, penggunaan titik, koma, tanda seru, titik dua. Yang disandarkan pada EYD
ü  Mengedit penggunaan kata yang berasal dari bahasa asing, bahasa daerah, bahasa slank sehingga mudah dimengerti pembaca.
ü  Mengusulkan dan menulis suatu berita dan foto yang akan dimuat untuk edisi mendatang
ü  Berkoordinasi dengan fotografer dan riset foto dalam pengadaan foto untuk setiap penerbitan

4.   Reporter
ü  Mencari dan mewawancarai sumber berita yang ditugaskan redaktur
ü  Menulis hasil wawancara, investasi, laporan kepada redaktur
ü  Memberikan usulan berita kepada redaktur terhadap suatu informasi yang dianggap penting untuk diterbitkan
ü  Membina dan menjalin interaksi dengan sumber-sumber penting di berbagai ekskul maupun kegiatan
ü  Menghadiri acara press conferensi yang ditunjuk redaktur, atasannya, atau atas inisiatif sendiri.
5.   Fotografer
ü  Menjalankan tugas pemotretan yang diberikan redaktur
ü  Melakukan pemotretan sumber berita, suasana acara, aktivitas suatu objek, lokasi kejadian, gedung, dan benda-benda lain
ü  Mengusulkan konsep desain untuk cover majalah
ü  Menyediakan foto-foto untuk mendukung naskah, artikel, dan berita
ü  Mengarsipkan foto-foto, atau compact disk bagi kamera digital
ü  Melaporkan setiap kegiatan pemotretan kepada redaktur
ü  Mempertanggungjawabkan setiap pengambilan objek foto , baterai, atau compact disk yang telah digunakan kepada organisasi.

6.   Sekretaris Redaksi
ü    Menata dan mengatur undangan dari instansi, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan pemberitaan
ü    Menghubungi sumber berita atau instansi untuk pendaftaran, konfirmasi, atau pembatalan undangan, wawancara, dan kunjungan kerja
ü    Menyimpan salinan kartu pers dan foto untuk mensuport kebutuhan kerja para wartawan dalam meliput satu acara yang mengharuskan membuat tanda pengenal
ü    Menyediakan peralatan kerja redaksi seperti tape, batu baterei, kaset, alat tulis, dan note book
ü    Menata keperluan keuangan redaksi: uang perjalanan atau uang rapat
Mengatur jadwal rapat redaksi: rapat perencanaan, rapat cheking, rapat final atau rapat evaluasi

7.   Riset, Pustaka dan Dokumentasi
ü    Mencari data-data, artikel, tulisan yang dibutuhkan untuk sebuah penulisan oleh reporter, redaktur, redaktur pelaksana, dan Pemimpin Perusahaan
ü    Mencari dan menata buku-buku yang berkaitan dengan tugas dan kerja para wartawan
ü    Menata majalah, surat kabar, dan tabloid setiap hari dan menyimpannya dengan baik sesuai aturan
ü    Melakukan kerja sama dengan bagian riset dan dokumentasi perusahaan lainnya seperti barter majalah, koran, tabloid, dan buku
ü    Mengusulkan suatu berita kepada redaksi bila dalam melaksanaan tugas menemukan data-data atau informasi penting

8.   Desain Grafis
ü    Merancang cover atau kulit muka
ü    Membuat dummy atau nomor contoh sebelum produk di cetak dan dijual
ü    Mendesain dan mengatur lay out setiap halaman dengan naskah, foto dan angka-angka
ü    Mengatur peruntukan halaman Menulis judul berita, anak judul, caption foto, nama penulis pada setiap naskah
ü    Menulis nomor halaman, nama rubrik/desk, nomor volume terbit, hari terbit, dan tanggal terbit pada setiap edisi

9.   Sosialisasi/ Humas & Publisher, Promosi dan Sirkulasi
ü    Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan
ü     Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung  antara media
ü    Menjaga reputasi organisasi melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya
ü    Mengoptimalkan promosi berita terbaru melalui berbagai Social Media dan Social Bookmark (Facebook, twitter, digg,  dll). 
ü    Bertanggung jawab keluar dan ke dalam atas segala aktivitasnya sebagai divisi penunjang produktivitas bidang  keredaksian dengan melakukan koordinasi dengan Pemimpin Redaksi, Kepala Deputi atau perwakilan dan Divisi  Keuangan dan Iklan dapat melakukan perekrutan personil untuk tugas-tugas dibidang tata usaha
ü    Mempunyai hubungan luas dibidang bisnis lainnya/lobi dan kemitraan dalam bidang usaha untuk melaksanakan  kegiatan perusahaan pers dan penerbitan.
ü    Bertugas menyebarluaskan Media massa yakni dalam bidang pemasaran (Marketing) atau penjualan. Bagian ini  merupakan bagian komersial meliputi sirkulasi / distribusi iklan dan promosi
ü    Bertanggung jawab kepada Pemimpin Perusahaan

10.Pracetak
ü    Membawa naskah yang sudah disetujui pemimpin redaksi ke percetakan untuk dicetak
ü    Mengawasi proses pencetakan di percetakan
ü    Menerima kondisi produk dalam keadaan baik dari percetakan
ü    Bersama dengan bagian distribusi, segera mengedarkan produk tersebut ke sekolah dan lingkungan sekitarnya.