MTs YPPA Jurnalistik
PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK
ANGKATAN I
Di Susun Oleh : Iman Burhanudin
MTs YPPA CIPULUS
KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN PURWAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017
PROGRAM KERJA
EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK
ANGKATAN I
MTs YPPA CIPULUS
KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN
PURWAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Jurnalistik merupakan ilmu
yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi, majalah, koran,
radio dan internet. Jurnalistik dengan kelenturannya juga bisa masuk di
berbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah keterampilan menulis bagi orang
yang mempelajari jurnalistik namun lebih jauh mengajak orang untuk
berfikir lebih dalam, bagi orang yang mempelajarinya.
Mengapa Ekstrakurikuler Jurnalistik?
Ekstrakulikuler Jurnalistik,
dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di tingkat siswa. Hal
ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan siswa mengisi waktu senggangnya
selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Ragam penulisan yang sedemikian
banyak bisa menjadi pilihan para siswa untuk meng-ekspresikan dirinya. Membuat
cerita pendek, puisi, tulisan berita dan novel. Di luar ekspresi-ekspresi yang
telah menjadi paradigma para siswa “nongkrong di mall, nonton di bioskop, main
playstation, bahkan tawuran”.
Biasanya, sekolah-sekolah
memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah. Yang dikelola bersama guru
dan siswa. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Namun, kegiatan
jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah dinding dikreasi atau
majalah/tabloid sekolah diterbitkan. Ada banyak pendalaman yang bisa dilakukan
untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan jurnalistik/menulis seseorang.
Disini kami hadir untuk
menjadi solusi bagi sekolah yang ingin membuat media cetak sebagai alat
publikasi jurnalistik. Kami akan hadirkan sesuatu yang inovatif dan kreatif
sehingga majalah/tabloid sekolah yang dihasilkan dapat menjadi sebuah majalah
yang menarik hati dan membuat orang nyaman ketika membacanya.
Dasar-dasar Jurnalistik
Pesatnya kemajuan media
informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak
maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal bila si
pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan
dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala
kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai
informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung
jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif
dalam setiap pemberitaannya.
Apa Itu Jurnalistik?
Menurut Kris Budiman,
jurnalistik (journalistiek, Belanda) bisa dibatasi secara singkat sebagai
kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada
khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari
peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya,
jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak.
Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti
surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio
atau televisi. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak
(printjournalism), elektronik (electronicjournalism). Akhir-akhir ini juga
telah berkembang jurnalistik secara tersambung (onlinejournalism).
Atas dasar tersebut, sudah
selayaknya sebuah sekolah dalam hal ini MTs YPPA Cipulus mempunyai suatu
kegiatan yang mendidik siswa-siswinya untuk bisa menulis khusunya menulis
jurnalistik. Oleh karena itu kami mengusulkan eksrakulikuler jurnalistik
sebagai ekstrakulikuler baru di MTs YPPA Cipulus.
B. LANDASAN HUKUM
Adapun landasan hukum diselenggarakannya
ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut.
1.
Undang-undang
Republik Indonesia No. 2 tahun 1982, tentang system pendidikan nasional,
2.
Keputusan
Direktur Pembinaan kesiswaan No.251/C8/U.91, tentang revisi buku Petunjuk
pelaksanaan/materi pembinaan kesiswaan.
C.
MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan
diselenggarakannya ekstrakurikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut:
1.
Mempererat hubungan antara
siswa-siswi MTs YPPA Cipulus.
2.
Memberi kesempatan untuk
saling mengenal serta menumbuhkan jiwa kompetitif secara intelektual di kalangan
siswa.
3.
Mengembangkan potensi sesuai
bakat dan minat siswa.
4.
Membekali siswa dengan
kemampuan life skill (kecakapan hidup).
5.
Menyiapkan siswa untuk
mengikuti berbagai lomba atau event yang bertujuan meningkatkan prestasi non
akademik.
6.
Sebagai media informasi dan
promosi profil dan prestasi sekolah.
7.
Menampung kreatifitas
masing-masing kelas yang ditampung dalam sebuah media cetak yaitu majalah/tabloid
sekolah.
8.
Menjadi
wadah bagi siswa-siswi MTs YPPA Cipulus untuk menyalurkan bakat dan
kemampuan maupun kreatifitasnya di bidang seni menulis ataupun fotografi.
9.
Menciptakan budaya kreatif,
kritis dan inovatif di tingkat siswa.
10.
Menjadi sarana bagi para
siswa MTs YPPA Cipulus untuk berlatih berorganisasi, bekerja sama dan
bertanggung jawab.
11.
Mempersiapkan siswa
menghadapi dunia kerja yang meliputi wirausaha media maupun profesi
jurnalis/pers.
12.
Memberikan informasi pada
orangtua siswa mengenai kondisi terkini tentang sekolah.
D.
NAMA
KEGIATAN
Ekstrakulikuler Jurnalistik “Vipo Young
Journalistic”
E.
VISI DAM MISI EKSTRAKULIKULER
JURNALISTIK
Visi :
a.
Meningkatkan pengetahuan
jurnalistik yang berdasarkan iman dan takwa
b.
Membentuk karakter seorang
jurnalis professional
c.
Mewujudkan ekstrakurikuler yang
dapat menambah wawasan baru di bidang jurnalistik yang meliputi kegiatan
liputan, reportase, fotografi, desain layout dan lainnya.
Misi:
a.
Mencetak jurnalis sekolah yang
kompeten dan berprestasi di bidang khusus
b.
Menjadikan ekskul jurnalistik
sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan sekaligus jalan dakwah kebenaran sesuai
dengan kode etik jurnalistik
c.
Menyiapkan kemampuan
jurnalistik siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
F.
MOTTO
“Reach the world with the words” (raih kesuksesan di dunia
melalui kata-kata)
G.
DESKRIPSI LAMBANG
EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK
Lambang merupakan simbol utama bagi setiap
organisasi maupun lembaga untuk mewakili inspirasi jenis kegiatan maupun tujuan
yang ingin di capai, lambang ekskul jurnalistik meliputi beberapa simbol
berikut ini:
1)
Gambar garis merah membentuk huru v memiliki
arti, bahwa jurnalistik memiliki kepedulian terhadap lingkungan (v = vertical)
serta memiliki keberanian membuat dan memper-tanggungjawabkan apa yang dibuat
dan dinyatakannya.
2)
Lingkaran kuning, dengan pola yang tidak
beraturan dari besar sampai mengecil ini mengisyaratkan bahwa keberadaannya
akan mampu menaungi dan memperbaiki system informasi serta netral terhadap
suku, ras, agama, budaya dan lain sebagainya. Netral dalam arti toleran.
3)
Huruf yang tertulis dalam logo adalah vipo
merupakan singkatan dari video dan potografi.
H.
ALAT
YANG DIBUTUHKAN
Adapun alat yang dibutuhkan
dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai berikut:
No
|
Nama Barang
|
Vol
|
Satuan
|
Harga (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Papan Majalah Dinding
|
1
|
Unit
|
250.000,-
|
250.000,-
|
2
|
Laptop/Komputer Core I3
|
1
|
Unit
|
3.000.000,-
|
3.000.000,-
|
3
|
Printer Epson
|
1
|
Unit
|
1.200.000,-
|
1.200.000,-
|
4
|
Modem
|
1
|
Unit
|
300.000,-
|
300.000,-
|
5
|
Flashdisk 16 gb
|
1
|
Unit
|
150.000,-
|
150.000,-
|
6
|
Camera Digital Nikon D3200
|
1
|
Unit
|
4.500.000,-
|
4.500.000,-
|
7
|
Connector Cable
|
1
|
Roll
|
250.000,-
|
250.000,-
|
8
|
Mic Shotgun
|
1
|
Unit
|
450.000,-
|
450.000,-
|
9
|
Control Switch/Avetor
|
1
|
Unit
|
250.000,-
|
250.000,-
|
10
|
Slider Glidecam
|
1
|
Unit
|
1.750.000,-
|
1.750.000,-
|
11
|
Lighting + stand lamp
|
1
|
Paket
|
1.500.000,-
|
1.500.000,-
|
12
|
Reflector
|
1
|
Paket
|
750.000,-
|
750.000,-
|
13
|
LCD Monitor TFT 7 inc
|
1
|
Unit
|
600.000,-
|
600.000,-
|
14
|
Steady Ex
Vid stabilizer
|
1
|
Unit
|
500.000,-
|
450.000,-
|
15
|
Proyektor
|
1
|
Unit
|
2.500.000,-
|
2.500.000,-
|
Jumlah Total
|
17.950.000,-
|
I.
SASARAN
KEGIATAN
Adapun sasaran yang akan di
capai dari kegiatan ini adalah civitas akademika sekolah, terutama siswa dapat
menciptakan budaya kreatif, kritis dan inovatif dan pada akhirnya siswa dapat
mengaplikasikan ilmunya ketika sudah terjun ke lapangan yang akan mengurangi
angka pengangguran membuka lapangan kerja khususnya bagi lulusan muda. Selain
itu dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi angka tawuran, nongkrong,
dan terjerembab di dunia narkoba. Ini juga membantu memecahkan permasalahan
sekolah dalam mempromosikan sekolah kepada pihak luar.
J.
ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang
dibutuhkan dalam ekstrakurikuler jurnalistik ini berasal dari :
ü
Anggaran kegiatan kesiswaan.
ü
Iuran wajib anggota (@ Rp.
2,000/Minggu)
ü
Donatur/Sponsor
K.
JADWAL & TEMPAT
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan dimulai pada
semester 1 bulan Juli. Setiap hari Jum’at pada pukul 07.30 WIB untuk
kelas VII., dan pukul 13.30 WIB untuk kelas VIII yang berlokasi di ruang kelas MTs
YPPA Cipulus.
L.
MATERI DAN PEMATERI
a)
Materi
Adapun materi yang dikaji/ diperdalam dalam ekstrakulikuler
jurnalistik ini adalah sebagai berikut.
ü Pengertian
dan sejarah singkat jurnalistik.
ü Kode etik
jurnalistik, kode etik AJI, majelis kode etik.
ü Kilas balik
wartawan Indonesia, profesi wartawan, kode etik wartawan Indonesia.
ü Dewan pers,
tugas dewan pers.
ü Jurnalistik
dan sastra.
ü Peliputan
bermetode ilmiah.
ü Peliputan
selidik beretika.
ü Peliputan
selidik bersastra.
ü Cara
menulis berita, teknik menulis artikel, teknik pengumpulan berita.
ü Cara
penggunaan perangkat elektronik pendukung tugas jurnalistik (kamera
digital, alat perekam suara, laptop/komputer).
ü Cara
penggunaan software pendukung tugas jurnalistik (Ms. Word, Adobe InDesign CS5
Portable, Adobe Photoshop CS5 Extended, CorelDraw X4, RonyaSoft Poster Designer
(Poster Forge) V2.01, Scribus 1.4.0rc5, dll).
b) Pembimbing & Pemateri
Adapun pembimbing dan pemateri dalam ekstrakulikuler jurnalistik
ini adalah sebagai berikut.
1)
Iman Burhanudin (Guru)
2)
………………………………………… (Guru)
3)
Wartawan Profesional/Nara
Sumber (Pemateri Tamu)
M.
TARGET KINERJA
Dengan terwujudnya kegiatan
ekstrakulikuler jurnalistik maka sekolah mempunyai suatu media penyampaian
informasi berupa product majalah/ tabloid sekolah. Selain itu siswa-siswi
mempunyai wadah tempat berekspresi, dan menuangkan inspirasi. Insya
Allah ini menjadi titik awal kemajuan MTs YPPA Cipulus di bidang jurnalistik.
N.
PROGRAM KERJA
Program Umum
Secara umum, ekskul Jurnalis memiliki 4 program, yaitu
Program Unggulan, Program jangka pendek, Program jangka
menengah dan Program jangka panjang.
a.
Program Unggulan
Program kerja yang menjadi unggulan ekskul Jurnalis, diantaranya
:
a)
Penerbitan Majalah atau bulletin
sekolah
b)
Meng-upgrade mading sekolah
dan blog resmi ekskul jurnalistik
c)
Terlibat secara langsung dalam
men-dokumentasikan kegiatan sekolah maupun masyarakat
d)
Mengadakan kerja sama yang intens
dengan seluruh organisasi dan ekskul di MTs YPPA Cipulus
e)
Mengadakan lomba antar kelas ( The Best
Writer of the Month/ Year)
f)
Mengadakan diskusi pelatihan,
kepemimpinan dan public speaking
g)
Mengunjungi kantor berita, telivisi
maupun radio
b. Program Jangka Pendek
Program jangka pendek
merupakan program organisasi yang hanya berfokus dalam kehidupan organisasi
sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut
program-program jangka pendek organisasi ekskul Jurnalis :
a)
Mengadakan Kajian Materi satu
kali setiap minggu
b)
Mengadakan latihan rutin satu
kali dalam satu minggu
c)
Membuat artikel-artikel
berita untuk ditempel di Majalah Dinding
d)
Mengadakan “Momen Jurnalis” minimal satu kali dalam
satu bulan
e)
Mengadakan bedah buku/diskusi
mengenai isu-isu terbaru yang ada minimal satu kali dalam satu bulan
f)
Selalu meng-update berita-berita
terbaru dalam website/blog organisasi
g)
Membantu seluruh pihak di MTs
YPPA Cipulus dalam mengabadikan setiap momen atau kegiatan sekolah
h)
Menjalin kerja sama antar
organisasi, baik di MTs YPPA Cipulus maupun di luar sekolah
c.
Program Jangka Menegah
Program jangka menengah
adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun kepengurusan.
Berikut program jangka menengah ekskul Jurnalis :
a)
Mengadakan
pelatihan liputan, broadcast maupun reportase di beberapa kantor
media cetak, stasiun radio dan TV di tingkat kabupaten maupun
kota.
b)
Mengadakan pelatihan
kepemimpinan
c)
Mengadakan pelantikan Dewan
Pengurus baru
d)
Mengadakan pembelajaran
komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing foto maupun desain
grafis
e)
Mengadakan “Journalist Award”
f)
Mengadakan angket organisasi
mengenai segala permasalahan siswa dan sekolah
g)
Peluncuran INSPIRASIKU (Majalah
Sekolah) setiap 3 bulan sekali
h)
Study Banding
i)
Study Tour
d. Program Jangka Panjang
Program jangka panjang adalah
program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan dimasa depan atau memiliki
efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka panjang
ekskul Jurnalis adalah :
a)
Mentargetkan pembelajaran
online di MTs YPPA Cipulus untuk setiap ekstrakurikuler dapat membuat website
resmi atau blog
b)
Membuat website organisasi
sebagai bahan dokumen masa mendatang
c)
Mengupayakan kepemilikan
komputer organisasi untuk keperluan dokumen dan karya tulis siswa
d)
Mengupayakan kepemilikan
Majalah Dinding untuk di-update setiap minggunya
e)
Mengupayakan kepemilikan
Sekretariat Organisasi serta fasilitas ekskul jurnalistik
f)
Mentargetkan INSPIRASIKU (Majalah
Sekolah) lebih baik dan lebih profesional di masa mendatang serta bisa
bersaing dengan majalah-majalah umum yang lain
O.
PERATURAN ORGANISASI
Seluruh anggota jurnalistik diwajibkan mengikuti seluruh
peraturan berikut ini
1)
Aktif mengikuti seluruh
kegiatan yang ada didalam program kerja ekskul jurnalistik
2)
Menjalankan tugas dan
kewajibannya sesuai dengan jabatan masing-masing
3)
Mencerminkan citra diri/sikap
yang positif baik dilingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah
4)
Tahu dan paham kode etik
jurnalistik/pers
P.
STRUKTUR ORGANISASI
Berikut susunan pengurus ekstrakulikuler jurnalistik MTs YPPA
Cipulus.
Pelindung : Kepala
MTs YPPA Cipulus
Penanggung Jawab : Wakil
Kepala Bidang Kesiswaan
Penasihat : Wakil
Kepala Bidang Kurikulum
Pembina : Iman
Burhanudin
……………………………………………….
Ketua Umum :
……………………………………………….
Wakil Ketua Umum :
……………………………………………….
Sekretaris I :
……………………………………………….
Sekretaris II :
……………………………………………….
Bendahara I :
……………………………………………….
Bendahara II :
……………………………………………….
Divisi-Divisi
a.
Kesekretariatan
Koordinator :
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
b.
Fasilitator
Koordinator :
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
c.
Publikasi : ……………………………………………….
Koordinator :
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
d.
Redaksi
Koordinator :
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
:
……………………………………………….
(Keterangan : untuk kepengurusan ini akan diambil dari siswa
kelas VIII)
Q.
DESKRIPSI TUGAS/JABATAN
1. Pimpinan Redaksi
ü Bertanggungjawab
terhadap isi redaksi penerbitan
ü Bertanggungjawab
terhadap kualitas produk penerbitan
ü Memimpin
rapat redaksi
ü Memberikan
arahan kepada semua tim redaksi tentang berita yang akan dimuat pada setiap
edisi.
2. Redaktur Pelaksana
ü Bertanggung
jawab terhadap mekanisme kerja redaksi sehari-hari
ü Memimpin
rapat perencanaan, rapat cecking, rapat terakhir sidang redaksi dan rapat
evlauasi kinerja.
ü Membuat
perencanaan isi untuk setiap penerbitan
ü Bertanggung
jawab terhadap isi redaksi penerbitan dan foto
ü Mengkoordinasi
kerja para redaktur atau penanggungjawab rubrik/desk
ü Mengkoordinasikan
alur perjalanan naskah dari para redaktur ke bagian setting atau layout.
ü Mengkoordinator
alur perjalanan naskah dari bagian setting atau lay out ke bagian percetakan
3. Koordinator Liputan
ü Memeriksa, mengedit,
dan menyempurnakan naskah sesuai dengan penulisan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
ü Menyesuaikan
naskah yang sudah diedit dalam bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jurnalistik
ü Mengubah
pengulangan kata-kata yang sama dalam satu tulisan, sehingga kalimat dalam naskah
menjadi bervariasi.
ü Mengedit
penggunaan logika bahasa, alur naskah
ü Menyeragamkan
style penulisan masing-masing redaktur, sehingga gaya penulisan seluruh naskah
menjadi sama
ü Memeriksa
naskah kata per kata, penggunaan titik, koma, tanda seru, titik dua. Yang
disandarkan pada EYD
ü Mengedit
penggunaan kata yang berasal dari bahasa asing, bahasa daerah, bahasa slank sehingga
mudah dimengerti pembaca.
ü Mengusulkan
dan menulis suatu berita dan foto yang akan dimuat untuk edisi mendatang
ü Berkoordinasi
dengan fotografer dan riset foto dalam pengadaan foto untuk setiap penerbitan
4. Reporter
ü Mencari dan
mewawancarai sumber berita yang ditugaskan redaktur
ü Menulis
hasil wawancara, investasi, laporan kepada redaktur
ü Memberikan
usulan berita kepada redaktur terhadap suatu informasi yang dianggap penting
untuk diterbitkan
ü Membina dan
menjalin interaksi dengan sumber-sumber penting di berbagai ekskul maupun
kegiatan
ü Menghadiri
acara press conferensi yang ditunjuk redaktur, atasannya, atau atas inisiatif
sendiri.
5. Fotografer
ü Menjalankan
tugas pemotretan yang diberikan redaktur
ü Melakukan
pemotretan sumber berita, suasana acara, aktivitas suatu objek, lokasi
kejadian, gedung, dan benda-benda lain
ü Mengusulkan
konsep desain untuk cover majalah
ü Menyediakan
foto-foto untuk mendukung naskah, artikel, dan berita
ü Mengarsipkan
foto-foto, atau compact disk bagi kamera digital
ü Melaporkan
setiap kegiatan pemotretan kepada redaktur
ü Mempertanggungjawabkan
setiap pengambilan objek foto , baterai, atau compact disk yang telah
digunakan kepada organisasi.
6. Sekretaris Redaksi
ü
Menata dan mengatur undangan
dari instansi, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan pemberitaan
ü
Menghubungi sumber berita
atau instansi untuk pendaftaran, konfirmasi, atau pembatalan undangan,
wawancara, dan kunjungan kerja
ü
Menyimpan salinan kartu pers
dan foto untuk mensuport kebutuhan kerja para wartawan dalam meliput satu acara
yang mengharuskan membuat tanda pengenal
ü
Menyediakan peralatan kerja
redaksi seperti tape, batu baterei, kaset, alat tulis, dan note book
ü
Menata keperluan keuangan
redaksi: uang perjalanan atau uang rapat
Mengatur jadwal rapat redaksi: rapat perencanaan, rapat cheking, rapat final atau rapat evaluasi
Mengatur jadwal rapat redaksi: rapat perencanaan, rapat cheking, rapat final atau rapat evaluasi
7. Riset, Pustaka dan Dokumentasi
ü Mencari
data-data, artikel, tulisan yang dibutuhkan untuk sebuah penulisan oleh
reporter, redaktur, redaktur pelaksana, dan Pemimpin Perusahaan
ü
Mencari dan menata buku-buku
yang berkaitan dengan tugas dan kerja para wartawan
ü
Menata majalah, surat kabar,
dan tabloid setiap hari dan menyimpannya dengan baik sesuai aturan
ü
Melakukan kerja sama dengan
bagian riset dan dokumentasi perusahaan lainnya seperti barter majalah, koran,
tabloid, dan buku
ü
Mengusulkan suatu berita
kepada redaksi bila dalam melaksanaan tugas menemukan data-data atau informasi
penting
8. Desain Grafis
ü Merancang
cover atau kulit muka
ü
Membuat dummy atau nomor
contoh sebelum produk di cetak dan dijual
ü
Mendesain dan mengatur lay
out setiap halaman dengan naskah, foto dan angka-angka
ü
Mengatur peruntukan halaman
Menulis judul berita, anak judul, caption foto, nama penulis pada setiap naskah
ü
Menulis nomor halaman, nama
rubrik/desk, nomor volume terbit, hari terbit, dan tanggal terbit pada setiap
edisi
9. Sosialisasi/ Humas & Publisher, Promosi dan Sirkulasi
ü
Merancang pesan tematik agar pesan
yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan
ü
Melakukan segmentasi media, dimana seorang
humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara
media
ü
Menjaga reputasi organisasi
melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya
ü
Mengoptimalkan promosi berita
terbaru melalui berbagai Social Media dan Social Bookmark (Facebook, twitter,
digg, dll).
ü
Bertanggung jawab keluar dan
ke dalam atas segala aktivitasnya sebagai divisi penunjang produktivitas bidang keredaksian
dengan melakukan koordinasi dengan Pemimpin Redaksi, Kepala Deputi atau
perwakilan dan Divisi Keuangan dan Iklan dapat melakukan perekrutan
personil untuk tugas-tugas dibidang tata usaha
ü
Mempunyai hubungan luas
dibidang bisnis lainnya/lobi dan kemitraan dalam bidang usaha untuk
melaksanakan kegiatan perusahaan pers dan penerbitan.
ü
Bertugas menyebarluaskan
Media massa yakni dalam bidang pemasaran (Marketing) atau penjualan. Bagian
ini merupakan bagian komersial meliputi sirkulasi / distribusi iklan
dan promosi
ü
Bertanggung jawab kepada
Pemimpin Perusahaan
10.Pracetak
ü
Membawa naskah yang sudah
disetujui pemimpin redaksi ke percetakan untuk dicetak
ü
Mengawasi proses pencetakan
di percetakan
ü
Menerima kondisi produk dalam
keadaan baik dari percetakan
ü
Bersama dengan bagian
distribusi, segera mengedarkan produk tersebut ke sekolah dan lingkungan
sekitarnya.